Friday, January 25, 2008

Profile


Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing mencakup pengelolaan dan pembinaan TK, SD dan SLB Tingkat Dasar, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan masalah TK, SD dan SLB Tingkat Dasar yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang.Sedangkan wilayah kerja UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing terbagi dalam 11 Kelurahan yang meliputi 45 Lembaga Sekolah Dasar Negeri, 12 Lembaga Sekolah Dasar Swasta 3 Lembaga Sekolah Luar Biasa Tingkat Dasar, 5 Lembaga Madarasah Ibtidaiyah dan 55 lembaga Taman Kanak-kanak.Sedangkan kondisi obyektif berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi UPTD Pendidikan dasar Kecamatan Blimbing sebagai berikut :

KEADAAN KETENAGAAN UPTD PENDIDIKAN DASAR KECAMATAN BLIMBING

Jumlah personalia pada UPTD Pendidikan Dasar Pendidikan Kecamatan Blimbing sebanyak 13 orang terdiri dari 1 orang Kepala UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing, 4 orang staf ( PNS ), 3 orang staf ( PTT ), 3 orang Pengawas TK/SD dan 2 orang Penilik Luar Sekolah yang secara Struktural status kepegawaiannya berada di Dinas Pendidikan Kota Malang.Kondisi personalia ini dibandingkan dengan beban tugas yang harus ditangani serta mengacu pada hasil analisis jabatan dari UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing, maka jumlah personalia yang ada relatif telah memadai, terutama dari segi kuantitas. Akan tetapi jika dilihat dari segi kualitas masih memerlukan pembinaan yang lebih insentif dan secara terus menerus.

KEADAAN TAMAN KANAK-KANAK ( TK )
Keadaan TK di lingkunagan pembinaan UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing pada Tahun Pelajaran 2006 / 2007 adalah sebagai berkut :
  1. Jumlah Lembaga 54 TK yang seluruhnya TK Swasta.
  2. Jumlah Guru TK sebanyak 238 orang
  3. Jumlah Kelas / Rombongan Belajar terdiri dari 86 Kelompok A dan 91 Kelompok B4. Jumlah Murid sebanyak 1856 Kelompok A dan 2168 Kelompok B

UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing dalam pelaksanaan pembinaan TK bekerjasama dengan unsur lain yang tergabung dalam Organisasi Tiga Komponen Pendidikan Taman Kanak-kanak Kecamatan Blimbing. Adapun unsur-unsur Tiga Komponen Pendidikan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Blimbing terdiri dari :

  • UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing ;
  • Gabungan Organisasi Penyelenggara TK Indonesia ( GOPTKI ) Kecamatan Blimbing ;
  • Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia ( IGTKI ) Cabang Blimbing ;

Sedangkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan TK di Kecamatan Blimbing peran Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia ( IGTKI ) Kecamatan Blimbing sangat besar dalam upaya mencapai keberhasilan. Karena melalui IGTKI para guru TK secara Swadaya berupaya meningkatkan kemampuan profesionalismenya. Selain itu upaya pembinaan dan sosialisasi kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan masalah pendidikan, utamanya yang menyangkut masalah ke TK an juga melalui wadah IGTKI.Dengan demikian keberadaan GOPTKI dan IGTKI sebagai mitra kerja UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing dalam melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan TK menjadi sangat penting, oleh karena itu pemberdayaan organisasi tersebut secara optimal menjadi bagian dari tugas UPTD Pendidikan Dasar Pendidikan Kecamatan Blimbing. Selain itu, dalam upaya meningkatkan pembinaan dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan TK juga telah dibentuk Gugus TK se Kecamatan Blimbing yang ditetapkan berdasarkan Keputuusan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Blimbing Nomor : 420/134/420.304.01/2002 tanggal 13 Mei 2002 dengan jumlah Gugus Sekolah sebanyak 4 gugus.
KEADAAN SD, SLB TINGAKT DASAR DAN MI
Keadaan SD / SDLB / MI di lingkungan pembinaan UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing pada Tahun Pelajaran 2006/2007 adalah sebagai berikut :
  1. Jumlah Lembaga sebanyak 65 sekolah yang terdiri dari 45 SD Negeri, 12 SD Swasta, 3 SDLB dan 5 Madrasah Ibtidaiyah Swasta
  2. Jumlah Rombongan Belajar SD/MI sebanyak 499 terdiri dari 88 kelas I, 85 Kelas II, 86 kelas III, 81 Kelas IV, 79 Kelas V dan 80 Kelas VI
  3. Jumlah Siswa SD/MI Kelas I s/d Kelas VI sebanyak 17.441 siswa
  4. Jumlah Guru SD/MI Negeri / Swasta 826 terdiri dari Guru Tetap Gol II : 45 orang, Gol III : 286 orang, Gol IV : 98 orang dan Guru Tetap Yayasan 138 orang serta Guru Tidak Tetap sebanyak 259 yang terdiri dari GTT sebanyak 245 , Guru Bantu Pusat 6 dan Guru Bantu Daerah 8 orang.

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan SD di Lingkungan pembinaan Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang telah dilaksanakan berbagai program kegiatan , baik yang bersifat peningkatan kemampuan professional guru dan kepala sekolah, maupun dalam bentuk kegiatan pembinaan lainnya.Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di SD tersebut didanai oleh pusat, yaitu melalui kegiatan proyek, dan juga dilaksanakan secara swadaya.

No comments: